Halaman

10 November 2012

Hal Itu Adalah Pengorbanan

Untung Suropati
Untung Suropati
Untung Suropati, Tengku Amir Hamzah atau Halim Perdanakusuma, semuanya adalah pahlawan nasional Indonesia. Mereka beserta kawan-kawan lainnya pada masanya masing-masing berjuang bersama melawan para penjajah, mengorbankan diri mereka untuk kemerdekaan bangsa ini, bangsa Indonesia.

Semuanya pada waktu itu berani mengorbankan dirinya agar bangsa ini dapat berdaulat, agar bangsa ini dapat berdiri kokoh. Bahkan seorang Halim Perdanakusuma harus gugur dalam tugas saat usianya masih 25 tahun. Mereka mengorbankan dirinya demi masa depan Indonesia. Pemuda dimasa itu sudah memikirkan nasib "kita" cucu-cucunya di masa ini.

Indonesia Masa Kini

Di hari pahlawan ini, sudah sepantasnya menjadi pengingat kita akan jasa para pahlawan, mereka berjuang bersama melawan penjajah. Mereka berjuang untuk masa depan bangsa, mereka rela mari untuk Indonesia.

Kalau menurut Anhar Gonggong, pahlawan adalah mereka yang bisa melampaui dirinya. Iya, para pahlawan memang orang-orang yang bisa melampaui dirinya. Jika mereka hanya mau hidup, untuk apa mereka harus mengorbankan dirinya?.

Di masa ini, Anda pasti melihat banyak orang berjiwa pahlawan di negeri ini, tentu dalam konteks lain, karena Indonesia sudah merdeka, sebuah negara yang berdaulat. Para pahlawan sekarang ini adalah mereka yang rela berkorban demi rakyat, mereka yang dengan semangat memberantas korupsi, para inovator yang memberikan solusi bagi bangsa ini, mereka para pengusaha yang sangat memperhatikan nasib pekerjannya. Banyak diantaranya yang pantas disebut pahlawan karena mereka mampu melampaui dirinya.

Disaat korupsi sangat gampang dijumpai, saat masalah-masalah di bangsa ini menemui jalan buntu, saat kemiskinan dan ketidakadilan merajalela, pekerjaan susah didapat, ekonomi dikuasai asing, mereka -yang berjuang demi bangsa- rela berkorban, tenaga dan pikiran mereka untuk bangsa ini. Demi melawan koruptor, rela kehilangan banyak waktu untuk berfikir, mengorbankan kesenangan untuk membantu orang lain. Merekalah pahlawan, orang-orang yang sangat mengerti akan arti pengorbanan. Karena mereka menyadari, untuk sebuah perubahan, butuh adanya pengorbanan.

Para pahlawan terdahulu mengorbankan nyawa untuk kemerdekaan bangsa ini, sekarang adalah saatnya kita mengorbankan tenaga dan pikiran untuk mengembalikan kejayaan negeri ini. Untuk kembali menjadi Indonesia yang seutuhnya.

Selamat Hari Pahlawan
10/11/12

Gigih AER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isikan komentarmu disini

Mau belanja baju batik murah? Kunjungi BajuBatik.biz.
Tersedia berbagai macam pakaian batik. Batik sarimbit (couple), batik bola, kemeja dan lain-lain. Kunjungi BajuBatik.biz.