Halaman

26 Maret 2012

Batik atau Tekstil Motif Batik?

Siapa sih yang gak tau batik? Semenjak mendapatkan pengakuan dari UNESCO 2009 lalu (bener gak ya 2009 :P), pemerintah dan masyarakat kita beramai-ramai kembali mengenal dan mempromosikan batik secara besar-besaran. Tapi apakah kita tahu kalau baju yang biasa kita sebut batik ternyata bukanlah batik?

Sablon Batik
Sedikit disampaikan oleh salah satu dosen Politeknik Batik Pusmanu Pekalongan, Bapak Tri Agus Setiawan, S.Kom bahwa yang disebut batik sebenarnya adalah kain yang dilukis dengan teknik membatik dan tinta khusus batik yang biasa disebut malam. Proses membuat batik sendiri bisa dilakukan dengan melukis (batik tulis) atau juga batik dengan mengecap kainnya (batik cap).

Membatik tulis
Sedangkan busana lain yang disablon atau umumnya banyak yang menyebut batik printing, lebih tepat jika dikatakan sebagai "Tekstil Motif Batik". Jadi hanya motifnya saja yang batik, sedangkan kainnya tidak dapat disebut sebagai kain batik.

Lalu, cara membedakan Batik dan Tekstil Motif Batik gimana? Yang pasti, kalau Tekstil Motif Batik harganya relatif lebih murah daripada Batik. Ciri yang lain? Tunggu post berikutnya ya...

1 komentar:

  1. sebelum baca artikel ini, saya nggak pernah tau kalo ternyata baju yg yg kita bilang 'baju batik' itu sebenernya bukan batik, tp tekstil ,motif batik. kirain sama aja, taunya beda. hehe.

    BalasHapus

Isikan komentarmu disini

Mau belanja baju batik murah? Kunjungi BajuBatik.biz.
Tersedia berbagai macam pakaian batik. Batik sarimbit (couple), batik bola, kemeja dan lain-lain. Kunjungi BajuBatik.biz.