Halaman

10 Desember 2011

Masih bingung bagaimana caranya downgrade wordpress?

Kasus :

Beberapa waktu lalu saya coba untuk membuat website article directory menggunakan engine wordpress plus plugin article directory punya articlesss.com. Install wordpress dari softaculous lancar, install theme dimox lancar, install plugin article directory lancar juga.

Masalah terjadi ketika saya ingin membuat page untuk submit article supaya author tidak perlu masuk ke dashboard untuk submit articlenya. Tutorial dari articlesss.com sudah saya ikuti baik-baik, namun ketika saya coba buka halaman submit article, yang muncul hanya sebagian page. Bagian lainnya hilang.

Setelah bingung beberapa saat dan hampir putus asa, akhirnya saya temukan letak kesalahannya berkat bantuan teman saya Sandy Cahyadi. Katanya plugin article directory hanya support untuk wordpress versi 3.0.4. Sedangkan wordpress yang saya install dari softaculous adalah versi 3.2.1.

Penyelesaian :

Mau tidak mau saya harus downgrade wordpress saya ke versi 3.0.4 agar plugin article directory dapat berjalan dengan lancar. Setelah browsing sana browsing sini akhirnya dapat juga ilmu untuk downgrade wordpress dan sekarang akan saya share kembali kepada teman-teman.

Langkah pertama yang saya lakukan adalah mem-backup semua data untuk jaga-jaga baik file dan database wordpress saya.

  1. Dari cpanel, buatlah FTP Account baru beserta foldernya. Contoh saya membuat folder "backup"
  2. Install plugin WP-InstantBackup dan aktifkan
  3. Masuk ke pengaturan InstanBackup dan ikuti petunjuk berikut :
    Pada bagian FTP Backup centang "Enable FTP Backup Method"
    Isi Host dengan hostname FTP Kamu. Biasanya ftp.namadomain.com
    Isi Username dan Password sesuai FTP Account yang tadi dibuat
    Di bagian Backup Selection List, masukkan *.* (bintang titik bintang)
  4. Yang lain biarkan defaulf, lalu klik save setting.
  5. Setelah sukses menyimpan pengaturan, di pojok kanan ada link DB FS dan FULL. Klik aja FULL untuk mem-backup semua data.


Langkah kedua, saatnya menimpa semua file wordpress baru dengan wordpress lama.

  1. Download dulu wordpress versi 3.0.4 (atau versi yang dibutuhkan)
  2. Ekstrak dan buat zip semua file dan folder yang ada di folder wordpress. Contoh saya berinama downgrade.zip
  3. Sekarang upload downgrade.zip ke cpanel dan ekstrak di folder dimana semua file wordpress baru berada.


Selanjutnya tinggal finishing aja. Buka tab baru dan silahkan masuk ke halaman admin wordpress. Misal : namadomain.com/wp-admin. Disana tidak akan ditemui login form seperti biasa, melainkan keterangan bahwa kita harus upgrade database agar wordpress dapat berjalan. Ikuti aja.

Sudah.

Contoh hasil downgrade : http://az-article.info

2 komentar:

Isikan komentarmu disini

Mau belanja baju batik murah? Kunjungi BajuBatik.biz.
Tersedia berbagai macam pakaian batik. Batik sarimbit (couple), batik bola, kemeja dan lain-lain. Kunjungi BajuBatik.biz.