Halaman

11 Januari 2011

Setting ulang speedy pada modem TP-Link TD 8817

Entah apa yang sudah saya lakukan pada pengaturan modem saya (TP-Link TD 8817). Yang jelas, pengaturan default speedy yang dibuat petugas waktu itu berubah.

Pusing juga saya beberapa waktu tidak bisa mengakses internet, semua pekerjaan terpaksa ditinggalkan dulu sampai bisa mendapatkan akses internet melalui pc kembali.

Dari browser ponsel, saya coba googling mencari tahu bagaimana cara setting ulang speedy pada modem saya. Dari hasil pencarian tidak satupun ada link yang mengarah ke website resmi speedy. Semua hasil pencarian merupakan posting dari teman-teman berdasarkan pengalaman-nya ataupun copas dari website/blog lain.

Dari beberapa blog papan atas (di hasil pencarian), semua cara sudah saya coba dan tetap saja masih gagal mendapatkan koneksi internet. Mulai dari guntingkertas hingga forum-forum.

Saya baru sadar, kalau ternyata banyak tulisan yang di posting teman-teman blogger dan webmaster adalah pengalaman lama (tidak up to date). Saya pun membaca-baca komentar pada beberapa blog dan alhamdulillah saya mendapatkan cara yang berhasil membuat speedy saya jalan lagi.

Dibawah, saya hanya menuliskan pengaturan modem saya untuk akses speedy (daerah jawa tengah).

Pastikan udah terhubung ke modem ya. Kalau sudah, masuk ke modem melalui browser dengan mengunjungi alamat 192.168.1.1 , kemudian akan diminta username dan password, secara default username dan passwordnya adalah: admin.

Lalu masuk ke Interface Setup => Internet . Dan masukkan data2 sesuai dengan yang saya tulis dibawah

Vistual Circuit : PVC1
Sebenarnya dapat menggunakan PVC berapa aja, lebih lengkap mengenai PVC bisa di cari di sini
Status : Activated
Yang ini memang harus activated, kalau tidak, jangan harap dapat kembali online, hihihi
VPI : 8
VCI : 81
Pengaturan VPI dan VCI bisa berbeda di setiap daerah. Sedangkan yang saya gunakan adalah untuk wilayah Jawa Tengah, yang saya tahu, sama dengan daerah Jawa Barat, Sumatra ….. (lupa :d) dan beberapa daerah di pulau jawa dan sumatra
ATM QoS : UBR
PCR, SCR dan MBR biarkan saja default : 0
ISP : PPPoA/PPPoE
Servicename : Kosong
Sebenarnya bisa diisi apa aja, TelkomSpeedy misalnya.
Username : nomorspeedysaya@telkom.net
Password : passwordspeedy saya
Dua ini milik sendiri-sendiri hihihi, jadi punya saya ya rahasia saya
Encapsulation : PPPoE LLC
Bridge Interface : Deactivated
Connection : Connect Manually
Diisi Always On juga boleh, saya lebih suka aja yang manual
TCP MSS Option : Saya biarkan default 0
Get IP Address : Dynamic
Karena saya pilih Dynamic ip address, maka kolom Static IP Address, IP Subnet Mask dan Gateway tidak perlu diisi
NAT : Enable
Default Route : Yes
TCP MTU Option : 1480
Dynamic Route : RIP1
Direction : Both
Multicast : Disable
Mac Spoofing : Disable

Setelah semuanya diisi jangan lupa pencet tombol SAVE.

Oya, setelah tersimpan pengaturannya, jangan lupa restart modem dan mulailah browsing ke dunia maya .

Eh, hampir lupa, kalau tadi di pengatuan anda memilih Connect Manually, maka diperlukan masuk ke modem untuk membuat koneksi setiap restart modem.

Caranya:

Masuk ke modem 192.168.1.1
Masukkan username dan password
Ke menu Status => Device Info => kemudian klik connect

Thx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isikan komentarmu disini

Mau belanja baju batik murah? Kunjungi BajuBatik.biz.
Tersedia berbagai macam pakaian batik. Batik sarimbit (couple), batik bola, kemeja dan lain-lain. Kunjungi BajuBatik.biz.