Halaman

22 Mei 2012

Tips Perencanaan Keuangan Keluarga Yang Sederhana

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Anda bisa menjadi perencana keuangan mengatur keuangan keluarga dengan bijak tanpa harus menggunakan jasa perencana keuangan profesional. Membuat perencanaan keuangan sederhana dengan mengikuti tips-tips perencanaan keuangan keluarga yang sederhana, antara lain Hindari besar pengeluaran dari pada pendapatan, hindari hutang, dan hidup sederhana. Tips lainnya yang dapat diikuti antara lain.

Tips ke empat, Atur budget. Untuk mengatur keuangan tidak hanya harus meminta bantuan konsultan keuangan, namun Anda pun bisa menjadi perencana keuangan, mengatur keuangan keluarga sendiri dengan cara sederhana. Pisahkan uang sesuai kebutuhan setiap bulannya dan masukan ke dalam amplop, misalkan pisahkan uang untuk bayar listrik, air dan telpon. Keuangan jadi lebih teratur dan jelas. Tabung uang lebih yang ada karena jikalau ada hal terdesak tabungan Anda dapat membantu.

Tips selanjutnya, Jangan menunda Bayar Tagihan. Setiap keluarga atau rumah tangga pasti punya tagihan, baik itu listrik, air, telpon, dan yang lainnya. Usahakan langsung membayar tagihan saat tagihan itu tiba. Jangan biarkan tagihan menumpuk karena akan menambah masalah keuangan keluarga terutama jika tidak ada uang untuk membayar tagihan tersebut.

Dan tips yang terakhir, Sepakat. kesepakatan dalam perencanaan keuangan keluarga antara suami dan istri saat dibutuhkan. Duduk bersama dan terbuka dalam merencanakan keuangan keluarga. Suami istri sebaiknya saling mengetahui pendapatan masing-masing. Tentukan apakah hanya pendapatan suami yang digunakan untuk membiayai semua kebutuhan keluarga atau menggabungkan kedua pendapatan untuk membiayai keluarga. Jadi ternyata menyusun perencanaan keuangan keluarga tidak harus dengan professional, Anda sendiri pun bisa menjadi perencana keuangan. Coba terapkan tips-tips tersebut dan coba untuk tidak melanggarnya.

1 komentar:

  1. Halo Admin gigih.web.id,

    Kami dari Vemale.com, situs wanita grup dari KapanLagi.com.
    Apakah kita bisa kerjasama untuk bertukar link?

    Anda bisa menampilkan link Vemale.com di gigih.web.id
    Untuk posisi link-nya, kami berharap link dari Vemale.com diletakkan di sidebar kanan atas.

    Dan kami akan menampilkan link gigih.web.id di halaman Vemale.com: http://www.vemale.com/relationship/keluarga/

    Terima kasih atas kerjasamanya :)

    Humas Vemale.com
    Selvie Chummairoch

    BalasHapus

Isikan komentarmu disini

Mau belanja baju batik murah? Kunjungi BajuBatik.biz.
Tersedia berbagai macam pakaian batik. Batik sarimbit (couple), batik bola, kemeja dan lain-lain. Kunjungi BajuBatik.biz.